20.4 C
Indonesia
Tuesday, 4 October 2022
spot_img

Perluas Wawasan Mahasiswa Lewat Seminar Perspektif dan Persepsi Teks Melalui Kamera……!

Bandung, BEREDUKASI.Com —  PROGRAM Studi Sastra Inggris Unikom menggelar Seminar bertajuk “Movie Screening and Critical Studies Digital Humanities Perspektif dan Persepsi Teks Melalui Kamera” beberapa waktu lalu  di Auditorium Miracle Kampus I Unikom.

Kegiatan ini diikuti 100 orang peserta yang merupakan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Unikom. Serta mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya di Kota Bandung yakni Universitas Widyatama, Universitas Pasundan (Unpas) serta Universitas Winaya Mukti (Unwim).

Acara rutin yang diadakan setiap tahunnya, turut dihadiri Ketua Program Studi Sastra Inggris Unikom Dr. Retno Purwani Sari, S.S., M.Hum. Serta para Dosen di lingkungan Prodi Sastra Inggris Unikom dengan mengundang salasatu Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom, M. Syahril Iskandar, M.Ds, sebagai Pemateri dalam kegiatan tersebut.

Ketua Pelaksana kegiatan, Tatan Tawami, S.S.,M.Hum, mengungkapkan bahwa seminar ini dilakukan untuk membuka perspektif mahasiwa terkait Teks Dalam Film.

“Kami ingin membuka wawasan mahasiswa mengenai pesan-pesan yang tersembunyi dalam sebuah film. Memaknai bagaimana film bisa menjadi sebuah teks dalam dunia bahasa. Kemudian dari teks itu dan seperti apa makna yang ingin dimunculkan oleh pengambilan gambar melalui kamera,” terangnya.

Tatan menambahkan, kegiatan ini cenderung diarahkan pada pendekatan Multi Modalitas, mengingat bahasa tidak hanya dalam bentuk Textbook saja. Melainkan film pun menjadi salasatu Media Bahasa.

Terselenggaranya Seminar kali ini, diharapkan dapat memperluas cakrawala berpikir mahasiswa. Terutama mengenai Media Bahasa yang dapat menjadi referensi penelitian di masa yang akan datang.

“Kami ingin mahasiswa terbuka dengan kondisi ini, maka nantinya penelitian mereka tidak terfokus pada Novel saja. Melirik Rra Digital, mahasiswa dapat memanfaatkan Media Digital seperti Film untuk diteliti bagaimana kaitannya antara bahasa dengan media tersebut,” tandasnya sore itu. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU