27.4 C
Indonesia
Monday, 26 September 2022
spot_img

Peserta UNBK di Purwakarta Meningkat 20 Persen Setiap Tahun….!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — SETIDAKNYA ada 110 SMP baik Negeri maupun Swasta yang berstatus sebagai sekolah penyelenggara ujian di Purwakarta.

Dari jumlah itu, sekolah penyelenggara UNBK sebanyak 89 sekolah. SMP Negeri 67 sekolah dan SMP Swasta sebanyak 22 sekolah.

Sedangkan sekolah SMP penyelenggarana Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) sebanyak 21 SMP Negeri.

Di Purwakarta kata Purwanto ada empat model penyelenggaraan UNBK. Pertama, sekolah penyelenggara UNBK menumpang. Yaitu sekolah yang tidak punya Sarpras Komputer, ikut menumpang di sekolah lain di SMP maupun SMA SMK terdekat. Jumlah sekolah penyelenggara UNBK menumpang sebanyak 34 sekolah.

Kedua, sekolah penyelenggara UNBK Mandiri atau sepenuhnya sekolah menjadi penyelenggara. Jumlahnya ada 49 sekolah. Lalu sekolah penyelenggara UNBK gabung. Dilakukan karena jumlah siswa kurang dari 20 siswa berdasar Standar Prosedur Operasional Ujian. Jumlah sekolah ini ada 3 diPurwakarta.

Dan ke empat, sekolah penyelenggara UNBK Mandiri dan menumpang. Dimana jumlah siswa dengan ketersediaan sarana prasarana tidak cukup. Jumlahnya ada 3 sekolah di Purwakarta.

Pelaksanaan UNBK dilaksanakan pada 22 s/d 25 April 2019, dibagi ke dalam Tiga Season. Sesi Pertama dilakukan pukul 07.30 s/d 09.30 WIB, Sesi Ke-Dua pukul 10.30 s/d 12.30 WIB dan Sesi Ke-Tiga pukul 14.00 s/d 16.00 WIB. Dalam UNBK, 20 Komputer bisa dipakai oleh 60 siswa.

“Saat ini tiap–tiap sekolah tengah melakukan Simulasi UNBK mulai Senin (4/2/19) sampai Jum’at (8/2/19). Kemendikbud sudah MoU dengan PLN dan Telkom. Supaya tidak ada pemadaman saat persiapan dan pelaksanaan UNBK berlangsung,” kata Purwanto.

Sekolah akan melaksanakan “Gladi Bersih” UNBK mulai 18 s/d 19 Maret 2019 mendatang. Dalam pelaksanaan UNBK untuk ketiga kalinya di Purwakarta. (Wief)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU