23.4 C
Indonesia
Sunday, 4 December 2022
spot_img

Pintu Dinas Peternakan Purwakarta Terbuka Lebar Untuk Bantuan Kelompok Usaha Sapi dan Unggas……!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — UNGGAS potong seperti ayam kampung dan bebek selain rasanya yang khas, juga menjadi barang komoditi untuk menjadi mata pencaharian.

Melalui Kepala seksi yang diwakili oleh Intan (45) selaku Seksi Pembibitan Dinas Peternakan Kab. Purwakarta saat di temui Beredukasi.Com menerangkan bahwa setiap kelompok pengusaha ayam kampung, akan di sambut dengan baik jika memerlukan dukungan dari pemerintah, pada Kamis (28/12/2018).

Sampai saat ini, ayam kampung dan bebek selalu menjadi menu premium di setiap kuliner, karena begitu bergairahnya para pengusaha unggas potong seperti ayam kampung bebek, Dinas Peternakan Purwakarta membuka lebar bantuan untuk masyarakat.

Cara mendapat bantuan dari Dinas terkait, tentunya harus sesuai dengan instruksi dari dinas yaitu membuat kelompok usaha terlebih dahulu. Selanjutnya kelompok peternak mengajukan pada Dinas tersebut untuk mendapat binaan.

“Bila ada masyarakat kelompok pengusaha ayam kampung meminta bantuan baik materil atau nonmateri akan kami sambut dengan baik dan disesuaikan dengan program Dinas Peternakan Purwakarta”. Kata Intan,

Dirinya menjelaskan, daerah Purwakarta merupakan tepat yang dominan untuk ternak sapi dan unggas. Intan juga menginformasikan prosedur adiministrasi yang harus di tempuh untuk pengajuan bantuan dengan lugas.

“Prosedur yang harus di tempuh oleh masyarakat kelompok usaha unggas potong adalah ada data kelompok berupa formatur organisasi yang minimal 15 orang anggota berikut pengurus,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, tempat kegiatan usaha, Surat Keputusan (SK) dari Kantor Desa atau Dinas Peternakan Purwakarta agar langsung membuat proposal dan di daftarkan kepada Sistem Penyuluh (SIMLUH)

“Simluh adalah prosedur yang harus dijalankan bagi mereka yang ingin mendapat batuan dari dinas. Jika telah sesuai prosedur tingal menunggu konfirmasi dari Dinas Peternakan purwakarta.”

Dinas Peternakan akan meberi binaan mengenai pengurusan unggas potong, pembudidayaan, hingga pengarahan penjualan produksinya.

“Upaya pemerintah melalui pembinaan budidaya ayam kampung dan membatasi produksi ayam kampung agar tidak di kelola industri menjadi Peluang usaha yang sangat besar bagi masyarakat purwakarta”pungkasnya. (Wief/Naurid Ilyasa)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU