24.4 C
Indonesia
Sunday, 4 December 2022
spot_img

Program Unggulan Perpustakaan Purwakarta Yang “Unik” Mulai Dari “Maranggi”, “Simping”, “Getuk Lindri” Sampai “KOLECER”……!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — BILA kita ingin mencari buku dan referensi karya ilmiah sekaligus mencari suasana rekreasi semua ada di Gedung Perpustakaan Purwakarta yang beralamat di Jl. K.K Singawinata No.10, Nagritengah, Kabupaten Purwakarta.

Segala fasilitas seperti Perpustakaan Digital, Ruang Internet, Ruang Perpus Referensi, Ruang Perpus Anak, Ruang Perpus Umum yang ada di gedung Perpustakaan ini. Bisa dinikmati semua orang gratis dan terbuka. Seperti yang di katakan Sekretaris Dinas Arsip & Perpustakaan Purwakarta, Dra.Hj.Netty Dewi Purnamawati, M.Kes.

“Perpustakaan ini sudah di buat senyaman mungkin untuk masyarakat, silahkan masuk kami siap melayani,” ucapnya beberapa saat lalu..

Hj. Netty mengatakan selain suasana yang berberbeda dari Perpustakaan pada umumnya. Perpustakaan Purwakarta ini juga mempunyai program Gempungan di tempat “Car Free Day” dan di tempat–tempat yang ramai untuk menarik minat baca.

“Kami mengadakan kegiatan Gempungan dengan Mobil Perpustakaan Keliling, pada hari Rabu dan Minggu. Dengan Program Kotak Literasi Cerdas atau Disebut “KOLECER” yang menyediakan Ruang Kotak tempat buku berbentuk seperti Desain Ruang Telepon Umum Belanda,” jelas Hj. Netty.

Didampingi oleh Rita selaku Seksi Pelayanan, dia menambahkan ada Program untuk membaca via Digital, Sumber Informasi dan Literasi yang di tujukan untuk masyarakat.

“Kita juga punya tiga program unggulan yang nama nya disingkat seperti kuliner khas daerah, “Maranggi” yang artinya “Maca Rame-Rame Ngangge Digital” (Membaca Bersama Menggunakan Alat Digital : Red ). “Simping” yang artinya “Sumber Informasi Melalui Pelayanan Perpustakaan Keliling” dan “Getuk Lindri” yang artinya “Gerakan Untuk Literasi Mandiri”,” terang Rita.

Rita juga menjelaskan prosedur Ketiga Program Unggulan ini, agar bisa dinikmati masyarakat dengan mendaftar secara resmi kepada Dinas Perpustakaan Purwakarta.

“Untuk program “Maranggi” masyarakat bisa mendatangi gedung Perpustakaan Purwakarta. Untuk program “Simping” masyarakat bisa mengundang kami dengan mengajukan surat resmi atau daftar di Media Sosial Perpustakaan Daerah. Dengan hari operasional yaitu Senin, Selasa dan Kamis. Untuk “Getuk Lindri” masyarakat di suatu daerah di Purwakarta yang ingin mendirikan Perpustakaan, Pojok Baca atau Taman Bacaan. Nanti kita kasih pinjam dulu buku–buku. Setelah animo atau antusias masyarakat besar. Barulah di buat pengadaan buku, untuk di miliki daerah itu,” jelas Rita.

Perpustakaan Purwakarta saat ini, akan menambah koleksi Buku Sejarah Purwakarta. Lebih dalam Rita mengharapkan ada Komunitas yang gemar membuat karya ilmiah tentang cerita Sejarah Purwakarta.

“Kami sangat senang jika ada sebuah Komunitas yang mengkaji sejarah Purwakarta, nanti mereka bisa Berdiskusi dan Menulis di ruangan ini,” ujar Hj. Netty.

Ditengah hangatnya percakapan, Siswi kelas 12 IPS SMAN 1 Campaka Kab. Purwakarta, Gina Nurfitri bersama temannya. Merasa nyaman dengan fasilitas Perpustakaan Purwakarta saat mengerjakan tugas kelompok.

“Disini enak banget buat kerja kelompok, ada ruangannya buat nulis, sama banyak buku untuk referensinya,” ungkap Gina siang itu di Gedung Perpustakaan Purwakarta. (Wief)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU