22.4 C
Indonesia
Saturday, 3 December 2022
spot_img

Ridwan Kamil: Pramuka Harus Bisa Pertahankan Nilai Luhur….!

Bandung, BEREDUKASI.Com – WALI Kota Bandung, M. Ridwan Kamil menegaskan, sebuah organisasi akan berumur panjang. Jika mampu menyesuaikan diri terhadap tantangan. Hal itu juga yang harus Pramuka lakukan, agar mampu menjawab tantangan zaman.

“Organisasi akan maju kalau kita bisa sesuaikan diri dengan tantangan,” tegasnya pada acara Peringatan ke-57 Hari Pramuka di Pendopo Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, Selasa (28/8/2018) malam.

Wali Kota yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kota Bandung. Berpesan, tantangan zaman saat ini yaitu manusia harus pintar dan mampu mengikuti perkembangannya.

“Cara membaca tantangan zaman, ya kita harus sensitif. Zaman makin berubah, maka makin terkoneksi,” ujar Emil sapaan akrabnya.

Emil menyarankan agar Pramuka zaman sekarang, mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan. Salasatunya terkoneksi dengan dunia digital.

“Pramuka Bandung Jawa Barat harus punya keahlian yang mampu menggunakan digital, bisa relevan terhadap zaman,” tuturnya.

Di samping itu, lanjutnya, Pramuka juga harus mampu memberikan inovasi yang menarik. Sehingga mampu mendorong minat masyarakat untuk masuk Pramuka.

“Inovasinya berpikir langsung seperti warga, sehingga warga makin banyak suka dan bergabung dengan Pramuka,” kata Emil.

Selain itu, Emil berpesan, Pramuka wajib menguatkan Pancasila sebagai dasar negara. Caranya dengan memahaminya lebih dalam.

“Pramuka harus terdepan, mempertahankan nilai luhur sambil berinovasi. Pramuka Bandung harus jadi pionir. Terdepan membela dan menguatkan nilai Pancasila kepada generasi muda,” kata Emil.

Pada peringatan Hari Pramuka tersebut, Wali Kota Bandung juga memberi penghargaan Lencana Melati kepada 26 orang anggota Pramuka. Mereka dinilai telah berjasa terhadap pembinaan dan perkembangan gerakan Pramuka di Kota Bandung. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU