20.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 August 2022
spot_img

Sang Polisi Pun Membuat Probiotik Sendiri, Untuk Peternakan, Perikanan dan Pertanian.

BEREDUKASI.COM — NAMANYA Aiptu Andi Siswanto yang juga Ketua AKPPN (Among Karsa Peternak Pembudidaya Nasional) Jabar. Berhasil menciptakan Pupuk Pertanian yang dapat menyuburkan tanaman. Bahkan meningkatkan pertumbuhan pohon untuk segera berbuah.

Bukan hanya itu, pupuk yang dibuatnya terbukti dapat mendongkrak perkembangan Ikan yang ada dikolam. Produk yang diciptakannya itu diberinama Probiotik.

Menurut Andi sang pencipta Probiotik pupuk ini ramah akan lingkungan.

‘Saya buat untuk membantu Petani yang merasa kesulitan mendapatkan pupuk berkualitas di tengah himpitan ekonomi,’ katanya yang juga seorang Anggota Bhabinkamtibmas Polres Ciamis.

Dalam melakukan risetnya, Andi melakukan beragam uji coba.

‘Dari uji coba itulah tercipta jenis pupuk unggul ini. Meski harus banyak pengorbanan dan kegagalan,’ tambahnya lagi.

Berbekal dari Pelatihan dan mengikuti seminar di tahun 2019 dimulailah melakukan uji coba. Dengan membandingkan Pakan Fermentasi dan membuat Probiotik Petelur sendiri.

Uji coba yang digunakannya adalah 75 Ekor Ayam Petelur, diperoleh hasil Telur Organik dengan kualitas bagus dibandingkan yang bukan menggunakan Pakan Organik.

‘Kotoran ayam pun tidak bau menyengat serta harga pakan jauh lebih murah,’ imbuhnya.

Dari hasil itulah kemudian Andi memutuskan membuat Probiotik sendiri untuk Peternakan, Perikanan dan Pertanian.

‘Ini harganya murah bisa dijangkau Masyarakat atau Petani,’ tutur pria energik yang juga anggota Polisi di Polsek Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Ditempat yang sama Tokoh Pemuda sekaligus Koordinator TKSK Kecamatan Pagerageung, Dwi Juli Kusmorop, SH, menuturkan, Probiotik buatan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cipaku Ciamis, sangat ramah lingkungan dengan harga murah.

‘Ini sudah teruji dan terbukti keunggulannya. Dan kami akan coba menerapkannya serta sosialisasi kepada para Punduh yang ada di Kecamatan Pagerageung,’ kata Dwi.

Dikatakannya, Pupuk Probiotik berupa cairan sangat cocok di wilayah pedesaan yang memiliki iklim sejuk.

‘Bagi yang beternak ayam atau ikan di kolam Pupuk Probiotik sangat cocok. Apalagi bagi Petani di kebun sangat baik karena tidak mengeluarkan aroma bau,’ cetusnya.

Hal senada dilontarkan Punduh Lampegan, Emus. Menurutnya, pihaknya akan melakukan uji coba di Kepunduhan Lampegan. Karena masyarakat disana umumnya bercocok tanam. ‘Jadi akan kami sosialisasikan kepada masyarakat,’ kata Emus.

Emus yakin akan keunggulan Pupuk Probiotik buatan anggota Polisi yang mumpuni memiliki keahlian dalam meracik pupuk berkualitas.

‘Saya yakin Probiotik buatan Pak Andi ini bisa meningkatkan Produksi Petani. Baik Petani Tanaman ataupun Petani Peternak ikan di kolam,’ pungkasnya. (Ombik).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU