SDN 030 Cirateun Bandung, Ada Apa Dengan Tulisan "Huiz EH"...? - Beredukasi.com
Home / Berita Gambar / SDN 030 Cirateun Bandung, Ada Apa Dengan Tulisan “Huiz EH”…?

SDN 030 Cirateun Bandung, Ada Apa Dengan Tulisan “Huiz EH”…?

Bandung. BEREDUKASI.Com — MEMASUKI halaman kantor SDN 030 Cirateun Bandung. Memang ada yang menarik, pandangan mata langsung tertuju pada tulisan berbahasa Belanda yaitu kata “Huiz EH” yang terpampang dibangunan itu. Dan sekarang dijadikan sebagai ruangan kantor sekolah ini.

Ketika BEREDUKASI.Com mengkonfirmasi tentang bangunan ini kepada Kepala SDN 030 Cirateun Bandung yaitu Hj. Sri Wigati, S.Pd.

“Maaf saya tidak hapal tentang bangunan ini. Pa Lamri…kayaknya hapal tuh…sebab pa Lamri terbilang guru senior di sekolah ini,” katanya sambil menunjuk Pak Lamri.

“Sebetulnya tidak senior, ada yang lebih senior dari saya. Saya sudah 12 tahun di sekolah ini,” katanya membuka obrolan.

Menurut pengakuan Lamri, pernah menelusuri tentang silsilah bangunan ini dengan tiga Kepala Sekolah terdahulunya. Tetapi selalu terbentur dengan informasi. Beberapa tokoh masyarakat setempat ketika dikonfirmasi, memang sangat sulit mendapatkan informasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Informasi yang didapat, bahwa sekolah ini sejak tahun 1948 sudah ada. Dan namanya memang SD Cirateun. Itu saja informasinya,” kata Lamri yang mengaku sedang menelusuri keabsahan surat-suratnya.

“Jadi mengenai keabsahan, tidak ada surat-surat bukti kepemilikan. Tetapi kalau melihat bangunannya secara “De Pacto” jelas bangunan ini termasuk bangunan “Cagar Budaya” jaman Belanda. Bisa dilihat dari tulisan yang ada ditembok depan yaitu “Huiz EH”,” papar Lamri.

Demi melestarikan bangunan ini, pihak sekolah tidak berani memugar bangunan ini. Pihak sekolah hanya merenovasi kecil-kecilan saja seperti mengecat saja.

“Harapan kami jelas berharap, segera mendapatkan surat-suratnya. Dalam hal ini tentu saja, pihak terkait tentunya Pemerintah,” tutur Lamri.

Dalam hal ini tentu saja, pihak-pihak terkait untuk segera mengurus masalah surat-suratnya agar dikemudian hari. Tidak ada pihak-pihak yang bisa merugikan atau menyalah gunakan fungsi dari bangunan ini. Begitupun kelestarian dari bangunan ini yang mungkin termasuk salasatu bangunan yang masuk daftar bangunan “Heritage”.

Kalau menterjemahkan kalimat dari “Huiz EH” berasal dari bahasa Belanda yang artinya “Rumah EH”. Apa arti dari “Rumah EH” ini, tentunya akan menarik sekali untuk ditelusuri oleh para pakarnya. Kita tunggu saja kejelasan selanjutnya…! (HKS)

WhatsApp Image 2017 10 10 at 18.30.34 WhatsApp Image 2017 10 10 at 18.30.51 WhatsApp Image 2017 10 10 at 18.31.37 WhatsApp Image 2017 10 10 at 18.32.17

About admin

Check Also

photostudio 1618397798555

Melalui Keppres Cuti Bersama ASN Selama Tahun 2021, Hanya Dua Hari…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — PRESIDEN RI, Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *