24.4 C
Indonesia
Tuesday, 29 November 2022
spot_img

SDN 040 Pasawahan “Berangkat Dari Visi TASBIH”…..!

Bandung, BEREDUKASI.Com — BERANGKAT dari Visi “TASBIH” yaitu Takwa Amanah Sehat Berprestasi Inovasi dan Harmonis.  SDN 040 Pasawahan Kota Bandung yang terletak di Jl. Mochammad Toha no. 383 Bandung ini, terus berupaya meningkatkan kualitasnya, agar menjadi sekolah yang unggul.

Dra N. Eti Fatimah Syafi’i, M.Pd, Kepala Sekolah SDN 040 Pasawahan mengatakan, bahwa sejak tahun 2012 pengoptimalan potensi peserta didik, selalu diutamakan. Dimana keterampilan dan kepercayaan diri peserta didikpun dieksplorasi.

“Para peserta didik, harus dibiasakan untuk berani berbicara, tampil di depan dan menunjukkan kemampuan mereka agar mandiri,” jelas Eti.

Adapun program sekolah yang digulirkan melalui pembiasaan upacara bergiliran. Adanya makanan sehat, apresiasi dan penampilan budaya, olah raga bersama guru dan siswa, aktifitas religi dan ekstrakulikuler.

“Kami pun senang karena orangtua peserta didik, selalu merespon dan mendukung dengan baik setiap kegiatan yang kami laksanakan. Tentu ini juga tidak lepas dari peran guru yang aktif dalam membangun kerjasama dengan orangtua,” lanjut Eti.

Adapun kegiatan menunjang lain adalah dengan adanya POLCIL atau Polisi Cilik yang dibina langsung oleh POLSEK Bandung Kidul. Yang pelaksanaanya dimotori oleh Kanit Sabhara Iptu Atep Sudirman S,Pd. SH dan dilatih oleh penjaga sekolah. Disamping itu, kegiatan silat juga sering ditampilkan dari tingkat Kecamatan hingga Provinsi. Begitupun dengan Literasi, Seni Budaya Sunda senantiasa dioptimalkan.

“Tidak lupa kami juga mengadakan GPS atau Gerakan Pungut Sampah, setiap hari sebelum dan sesudah belajar. Adanya pengelolaan sampah seperti memilah sampah Organik dan Plastik. Agar membiasakan hidup sehat dan bersih. Kami pun sudah masuk sekolah Adiwiyata tingkat Kota Bandung,” terang Eti lagi.

Sekolah Percontohan Pendidikan Keluarga, sejak tahun 2015 ini. Dilengkapi dengan kegiatan lainnya, seperti Mengaji, Membuat Karya Kerajinan, Pesantren Ramadhan dan Kesehatan Remaja.

Adapula “Save The Children” yang  penggiatnya adalah Jajang Suhana S.Pd, bagian Literasi oleh Rosilawati S.Pd, Olah raga oleh Dani Immanuel S.Pd dan Lingkungan oleh Eva Fitriah S.Pd.

“Harapannya semoga semakin banyak sponsor yang mendukung untuk terselenggaranya berbagai macam kegiatan. Kerjasama dengan orangtua pun semakin baik. Dan karakter anak semakin baik sesuai dengan Visi sekolah kami,” pungkas Eti, siang itu di ruang kerjanya. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU