20.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 August 2022
spot_img

Seluruh Civitas Akademika UIN SGD Bandung Memperingati Hari Kelahiran Pancasila……!

Bandung,  BEREDUKASI.Com — SELURUH Civitas Akademika UIN SGD Bandung melaksanakan upacara bendera. Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila, dengan khidmat.

Upacara berlangsung di Tugu Kujang halaman Gedung Anwar Musaddad, Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, Sabtu (1/6/19).

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, bertindak sebagai Pembina Upacara yang diikuti seluruh Civitas akademika.

Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si mewakili PLT (Pelaksana Tugas: Red) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono, membacakan sambutannya.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

“Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa”. Merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia,” ujar Prof Mahmud.

Walaupun sebagian bangsa ini, masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila. Pihaknya mengakui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan. Baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Dalam konteks Ke-Bhineka Tuggal Ika-an itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi. Bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni,q merupakan suatu keniscayaan.

Dengan demikian, pihak civitas UIN Bandung berharap perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi.

“Yang diperlukan mulai saat ini, adalah bagaimana kita semua mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus menerus” harap Prof Mahmud.

Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

“Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia,” kata Prof Mahmud.

Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan. Dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, pihak civitas UIN Bandung dijadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Ngara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” papar Prof Mahmdu dalam pidatonya.

Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Kita Indonesia, Kita Pancasila. (MIF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU