27.4 C
Indonesia
Monday, 26 September 2022
spot_img

SMA Kartika XIX-1 Bandung: Menjadi Sekolah Sehat di Kota Bandung

BANDUNG, BEREDUKASI.com — Sebagai tempat belajar yang ideal, baiknya sekolah tidak hanya memberikan pelayanan pendidikan yang baik. namun juga harus didukung dengan suasana belajar yang nyaman dan tenang sehingga akan menumbuhkan semangat dalam belajar. Begitu pula yang menjadi perhatian SMA Kartika XIX-1 Bandung. Sekolah yang berada di Jalan Taman Pramuka No 163 Bandung ini mengupayakan situasi belajar yang kondusif lewat kegiatan ‘sekolah sehat’.
“SMA Kartika XIX-1 Bandung sejak tahun 2016 ditunjuk oleh Kecamatan Bandung Wetan untuk menjadi sekolah sehat di Kota Bandung. Oleh sebab itu sekolah memang sudah mengajarkan siswa-siswi untuk mencintai lingkungan lewat seminar kesehatan, membuang sampah pada tempatnya, kegiatan Go Green, merawat tanaman, membuat kompos dan lainnya.” Tutur Heri Riansyah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum.
SMA Kartika XIX-1 Bandung ini awalnya dibangun pada tanggal 7 Agustus 1979 dibawah Yayasan Kartika Chandra Kodam III Siliwangi. Visinya yaitu ingin mewujudkan siswa-siswi yang memiliki ahlak yang mulia, cerdas, disiplin, inovatif dan berwawasan lingkungan. Kebersihan juga menjadi prioritas dengan gerakan 5 M (Maerapikan Pakaian, Membuang Sampah Pada Tempatnya, Merapikan meja, Mengaji dan berdoa, Membaca buku setiap pagi)
Selain itu, SMA Kartika XIX-1 Bandung yang dipimpin oleh Dr. H. Siti Zuraida juga aktif dalam beberapa kegiatan di luar sekolah, misalnya mengisi Acara Edu Expo 2017 di SMAN 20 Bandung, mengikuti Cross Country bersama SMA Adiwiyata lainnya di kota Bandung, berpartisipasi dalam pelatihan Urban Farming untuk siswa-siswi dan bekerjasama dengan pemerintah setempat.
“Adalah hal yang penting menciptakan sekolah sehat. karena membangun karakter mental yang kuat harus diseimbangi dengan badan yang sehat. tentu kalau jiwa raga siswa baik, mereka pun akan lebih semangat dan fokus dalam belajar.” ujar Heri lagi.
Heri juga bercerita bahwa dalam mewujudkan sekolah sehat ini juga memberikan efek yang baik dalam penguatan mental, kedisiplinan diri, penghargaan terhadap waktu, tanggung jawab, memiliki jiwa yang cinta lingkungan. dan yang tidak kalah penting meningkatkan bakal siswa melewati kagiatan ektra kulikuler saperti Gembala Ikat, Ikrima, Bengkel Seni, Taekwondwo, Karawitan ataupun KKR.Beberapa prestasi yang sempat diraih yaitu Juara 2 KKR Lintas Bersih Kota Tingkat Kota Bandung 2017, Tim Adiwiyata Juara 2 Lomba Lintas Kota Bersih se Kota Bandung di STKS, Juara 1 Erlangga Ecoustik Contest Kota Bandung, Juara 2 Taekwondo Tingkat Nasional Kategori Putri dan lain-lain. “Harapan kedepan semoga siswa siswi lebih memiliki penghayatan dalam pola hidup sehat. Memiliki kesadaran dalam menghadapi kehidupan yang tidak hanya memelihata intelektualitas saja tapi juga fisiknya.” *(Tiwi Kasavela)*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU