24.4 C
Indonesia
Sunday, 4 December 2022
spot_img

SMP Yahas Banjaran Menanamkan Karakter Siswa-siswi yang Berkualitas…..!

Kabupaten Bandung, BEREDUKASI.Com — SMP YAHAS (Yayasan Haji Abdul Syomad) Banjaran. Yang telah berdiri sejak tahun 1980. Dan berdiri di lahan “carik” Desa Neglasari, dengan luas tanah sekitar 800 meter persegi ini. Lokasinya terletak di Kampung Jati, Desa Margahurip, Kecamatan Banjaran, Kabupten Bandung. Tepatnya di Jl. Raya Pangalengan KM 21 Bandung Selatan.

Kepala SMP Yahas ialah H.Anwar Sanusi, S.Pd M.MPd, PKS Kurikulum Yayat Sriandiyati, Tuti, S.Pd PKS Kesiswaan, Arsyad Sidiq S.Pd, PKS Humas, Iman Kardiman, S.Pd  dan Komite sekolah H.Yuyus, SH.

“Alhamdulillah SMP Yahas  Banjaran terakreditasi B. Jumlah guru 16 orang, tenaga tata usaha 3 orang, tenaga guru yang sudah memiliki sertifikasi 5 orang. Dalam mengelola Sekolah Teknik dan strategis menggunakan mekanisme yang solid antara pengurus yayasan. Begitupun Kepala Sekolah, T U dan tenaga lainnya,” papar H.Anwar Sanusi, S.Pd M.M.Pd .

“Kami ingin membentuk siswa yang berkarakter melalui semua bidang studi. Serta religius yang dibekali iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dan berbudaya, serta memiliki prestasi yang unggul. Strategi garapan kami ingin meningkatkan kualitas, proses KBM yang aktif, kreatif, aman, tentram. Membina dan mengembangkan pendidikan akademik dan non akademik yang berkarakter dan berbudaya,” tuturnya lagi.

Arsyad Sidiq, S.Pd, PKS Kesiswaan mengatakan, “Alhamdulillah SMP Yahas pada tahun 2017. Pernah nyandang Juara Lomba Pidato Sunda  tingkat Gugus. Diraih oleh Rd. Gandara siswa kelas VII dan Lomba Kaligrapi tingkat Gugus, dimenangkan oleh Dini Radiansyah kelas VII. Perlombaan bidang studi IPA, Juara Harapan tingkat Gugus. Mengenai ekstrakurikuler yang ada di SMP YAHAS ialah Pramuka, Paskibra, Karate, Sepak Bola, Voly ball, Renang dan masih banyak lagi”.

Dalam pembentukan karakter, melalui mendidikan agama Islam. Diadakan juga santapan rohani dari Majlis Ta’lim untuk siswa-siswi, setiap hari Jum’at. Waktu satu jam pelajaran, untuk siswa-siswi kelas VII, VIII dan IX yaitu di halaman sekolah.  Materinya ahlak, dengan nara sumbernya guru bidang studi agama. Selain itu diadakan seminggu sekali dan setiap hari Raya Islam. Selalu diadakan dan diperingati majlis talimnya. Dengan dihadiri oleh tokoh masyarakat, orangtua murid. Dan para siswa-siswi.

“Alhamdulillah materi pedidikan agama  yang disuguhkan, sesuai dengan acuan kurikulum yang berlaku dari pemerintah. Bahkan siswa SMP Yahas 2017, pernah menjadi juara lomba Baca Tulis QUR’AN (BTQ) Kuara Harapan tingkat Gugus,” jelas Ade Taryat S.Pdi, guru agama Islam.

“Harapan kami mohon pemerintah memberikan bantuan sarana pembangunan tambah lokal ruang KBM. Karena sekarang sekolah pagi dan sore daya tampung siswa baru 4 lokal. Kami membentuk siswa yang berkarakter sehat jasmani dan sehat rohani. Agar siswa-siswi begitu keluar dari sekolah. Berguna bagi nusa bangsa dan agama. Yang dibekali akhlakul kharimah yang baik,” pungkas H. Anwar Sanusi, S.Pd, M.M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMP Yahas Banjaran.  (Y. Wahyudin)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU