22.4 C
Indonesia
Sunday, 25 September 2022
spot_img

SMPN 15 Bandung Sekolah “Model Kemitraan Keluarga”

Bandung, BEREDUKASI.Com — “SUPER” itulah motto SMPN 15 Bandung. “SUPER” sendiri merupakan singkatan dari Sukses, Unggul, Prestasi, Edukasi dan Religius.
Jadi tidak salah kalau sekolah yang terletak di Jl. Setiabudi no.89 ini. Memiliki banyak Prestasi dan Keunggulan, selain menjadi sekolah “Adiwiyata” sejak tahun 2015. SMPN 15 Bandung juga merupakan sekolah “Model Kemitraan Keluarga”.
Pathah Pajar Mubarok, M.Pd, selaku Wakil Kesiswaan Bidang Kurikulum ini menerangkan. Bahwa sejak tahun 2016 SMPN 15 Bandung. Sudah menjadi sekolah “Model Kemitraan Keluarga” di Jawa Barat.
Tidaklah mengherankan karena memang, pihak sekolah terus berupaya melakukan kolaborasi dengan orangtua untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif. Tidak hanya ketika para siswa didik berada di sekolah, tapi juga saat di rumahnya masing-masing.
“Keluarga adalah tempat yang sangat penting bagi perkembangan para siswa didik. Dan hal itu juga yang menjadi pertimbangan kami. Sehingga kami bekerja sama dengan orangtua untuk memantau para siswa didik dirumahnya masing-masing. Kami juga mengundang orangtua dalam acara MPLS, mengadakan Seminar Parenting untuk mereka. Ada pula Family Gathering dan mengajak orangtua siswa didik untuk menghadiri pentas seni di sekolah,” tutur Pathah.
Pathah juga bercerita, selain kegiatan tersebut dapat meningkatkan hubungan yang harmonis antara orangtua dengan sekolah. Permasalahan para siswa didik juga, akhirnya bisa diminimalisir.
Selain itu SMPN 15 Bandung juga memberikan penghargaan “Orang Tua Hebat” bagi para orang tua siswa didik yang aktif terlibat dalam kegiatan. Juga orangtua yang memiliki hal-hal positif yang bisa ditiru oleh orangtua siswa didik lainnya.
“Perkembangan psikologis anak, merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab kami berupaya agar para peserta didik betah di sekolah. Dan yang dilakukan diantaranya Gerakan Literasi, Botram, Pengenalan Budaya Lokal, Kerjasama dengan Organisasi seperti AIESEC. Dimana kami menerima kunjungan tamu dari luar negeri untuk memotivasi para peserta didik, agar kian semangat dalam belajar,” jelas Pathah.
Sekolah yang memiliki Visi terbentuknya insan yang sukses, unggul, berprestasi, menguasai ilmu pengetahuan serta berahlak mulia, menuju terwujudnya sekolah hijau dan berkarakter ini. Ternyata SMPN 15 Bandung, terkenal juga dengan seni Tari-nya.
SMPN 15 Bandung sudah 4 kali berturut-turut, menjadi Juara Tari Tingkat kota Bandung. Kemudian mewakili lomba FSL2N ke Tingkat Provinsi. Tentunya hal ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan semua pihak.
Kerjasama dengan berbagai Instansi, adalah hal yang sangat penting. Karena pendidikan harus mewujudkan fungsinya sebagai “Tripusat” yaitu menjalankan keselarasan baik di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat.
Kedepannya SMPN 15 Bandung berharap, akan terus mendukung minat dan bakat siswa didiknya, sesuai dengan Visi dan Misi. Sehingga melahirkan lulusan yang sukses, membanggakan dan brakhlak mulia. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU