SMPN 22 Bandung Membangun Siswa yang Kreatif dan Berkarakter...! - Beredukasi.com
Home / SMP / Infoku / SMPN 22 Bandung Membangun Siswa yang Kreatif dan Berkarakter…!

SMPN 22 Bandung Membangun Siswa yang Kreatif dan Berkarakter…!

SMPN 22 Bandung Membangun Siswa yang Kreatif dan Berkarakter 2Bandung, BEREDUKASI.Com — SAAT ini para siswa didik, bukan hanya dididik untuk memiliki kemampuan yang baik di bidang akademis saja. Tetapi harus memiliki kreatifitas dan karakter yang baik dalam berbagai hal.

“Salasatunya bisa ditunjang dengan kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih mandiri,” kata Elih Maleha S.pd, selaku Wakil Kepala Sakolah, Bidang Kesiswaan SMPN 22 Bandung.

Sekolah yang berlokasi di Jl. Supratman No. 24 Bandung ini. Dulu merupakan bagian dari SMEP yang diresmikan tahun 1979. Dan memiliki visi untuk mewujudkan sekolah yang unggul dalam Prestasi, Terampil juga Mandiri di tahun 2020. Dilandasi oleh akhlak yang mulia dan berbudaya lingkungan.

Sejak pertama kali masuk siswa didik, sudah dibekali dengan berbagai kegiatan yang membangun. Misalnya dari Senyum, Sapa, Salam setiap pagi. Kemudian dilanjutkan dengan Shalat Dhuha, Kultum, Membaca Asmaul Husna dan Gerakan Literasi.

“Setelah belajar di kelas, siswa didik juga banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat lainnya,” ujar Elih.

Tidaklah mengherankan jika SMPN 22 Bandung yang dipimpin oleh Hj. Ratu Hadijah ini, kerap meraih beberapa Prestasi. Diantaranya  Juara III Olimpiade IPS  3, Juara Mading Favorit Internasional tahun 2014, Juara 1 Mading tingkat kota Bandung, Juara III Futsal tingkat Kota Bandung tahun 2017, Juara 1 Futsal tingkat Jawa Barat tahun 2017 dan masih banyak lagi Prestasi lainnya.

“Selain dari internal siswa, kami juga dilibatkan dalam kegiatan di luar sekolah. Seperti “Save The Childrean” yaitu kerjasama yang dibangun dengan Jepang. Semua ini, biasanya melibatkan sekolah dari SD, SMP, SMA yang lokasi sekolahnya dekat dengan jalan. Untuk mendapatkan sosialisasi, mengenai keselamatan di jalan raya.

SMPN 22 Bandung Membangun Siswa yang Kreatif dan Berkarakter 1“Bahkan dalam kegiatan ini, siswa didik juga belajar membuat Komik, Film dan masih banyak lagi kegiatan yang membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar,” papar Elih.

Elih juga menjelaskan, bahwa kreatifitas siswa didik bisa diasah lewat kegiatan Mading. Sebab dalam hal ini, siswa didik juga akan belajar membaca dan  meningkatkan siswa didik dalam menulis.

Selain itu tentu pembina yang diterapka secara optimal. Akan membangun kepercayaan diri siswa didik, agar selalu berpikir positif.

Kreatifitas siswa juga bisa dibangun dengan budaya membaca. Siswa didik juga dituntut untuk membacakan, hasil bacaannya di depan umum.  Disini kepercayaan diri siswa didik, akan lahir untuk mengutarakan pemikirannya. Dan sekolah juga, tidak sungkan memberikan penghargaan bagi siswa yang rajin membaca.

“Selain itu dalam karakter didukung dengan adanya ACIL (Anak Cinta Lingkungan). Dimana mereka memiliki tanggung jawab untuk  menyiram tanaman, mengecek jamban yang kotor. Serta melaksanakan GPS (Gerakan Pungut Sampah),”

tutur Elih penuh harap.

Harapan Elih Maleha, S.Pd juga mengatakan bahwa para siswa didik akan memiliki karakter yang lebih baik lagi, memiliki kesadaran untuk belajar dengan giat. Dan tentunya Prestasi juga, semakin meningkat. Lebih jelasnya, tentunya menjadi “Insan” yang mandiri serta bermanfaat untuk Nusa, Bangsa dan Negara. (Tiwi Kasavela)

About admin

Check Also

photostudio 1609312402498

2020

Oleh : ALTHIFFA ZAHRA Kelas : IX-B SMP NEGERI 50. Bandung Bandung, BEREDUKASI.Com — TAHUN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *