“SMPN 27 Bandung” Pengembangan Karakter Lewat Pramuka – Beredukasi.com
Home / Featured / “SMPN 27 Bandung” Pengembangan Karakter Lewat Pramuka

“SMPN 27 Bandung” Pengembangan Karakter Lewat Pramuka

BANDUNG, BEREDUKASI.Com — Suasana ceria, dan antusias siswa terlihat dalam acara Lomba Tingkat (LT) 1 Pramuka di taman Pramuka, Jalan RE Martadinata No 157 Kota Bandung yang diadakan oleh SMNPN 27 Bandung.  Dalam acara yang berlangsung dua hari dari Jum’at-Sabtu (27-28) Januari 2018 ini juga diikuti oleh kelas VII yang berjumlah sekitar 240 siswa.

Ijang Maftuh Sidik S.Pd.I  pembina OSIS dan Pramuka SMPN 27 Bandung menerangkan bahwa  kegiatan ini meliputi kompetisi dasar meliputi pengenalan sandi, semapur, pionering, game, dan juga hal-hal yang tercantum dalam buku saku pramuka.

“Sesuai dengan kurikulum 2013 bahwa  Pramuka adalah ektrakulikuler wajib yang harus diikuti oleh siswa.  Kegiatan ini merupakan tindak lanjutnya dan sebagai bahan evaluasi dari kemampuan siswa,” tutur Ijang.

Selain itu Ijang juga mengatakan bahwa pendidikan  kepramukaan sangat menunjang karakter siswa didik, khususya dalam kedisiplinan dan kebersamaan. Hal ini juga selaras dengan visi SMPN 27 Bandung yang  ingin meningkatkan warga sekolah agar lebih beriman dan bertakwa lewat kegiatan  yang religius dan wawasan lingkungan.

“Kami juga sudah termasuk sekolah adiwiyata di tingkat kota dan provinsi. Pengembangan siswa pun selalu dibina lewat kegiatan PMR dan literasi sekolah. Kebersihan dan peran anak dalam menjaga lingkungan juga  diprioritaskan,” ujar Ijang ditengah kesibukannya.

Sekolah yang berada di Jalan Yudha Wastu Pramuka 1 ini mengutamakan  pembiasaan keagamaan setiap hari yang dimulai dengan tilawah Al-quran, Menyanyikan lagu Asmaul Husna yang diselingi tausiyah dan Menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Target  kami kedepan adalah pengembangan infrastruktur, kemudian meningkatkan SDM lewat  pelatihan guru berbasis IT. Pelaksanaan Ulangan harian baik UTS, UAS  maupun UKK berbasis IT yang kerjasama dengan orang tua,” terangnya yang biasanya mengajar Agama di sekolah.

Saat ini juga SMPN 27 Bandung tengah bekerjasama dengan PUSENIP dalam penyelenggaraan PPDB. Kemudian dengan  Puskesmass Kecamatan Cibenying kidul mengenai penyuluhan tentang kesehatan. Dan melibatkan peran alumni dalam beberapa hal.

“Harapan kedepan semoga siswa-siswi  memiliki karakter yang lebih baik, dapat memahami perannya dan bermanfaat bagi sekitarnya. Dan semoga  prestasi baik di bidang akademik ataupun non akademik dapat terus meningkat,” ujar Ijang menutup perbincangan. (Tiwi Kasavela)

About admin

Check Also

Gisel Anastasia, Rayakan Ulang Tahun Madame Gie Dengan Banyak Bagikan Give dan Hadiah Kejutan…..!

Jakarta, BEREDUKASI.Com — MENJAGA kecantikan wajah bagi seorang Selebritas sekaliber Gisel Anastasia, hukumnya wajib. Dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *