23.4 C
Indonesia
Sunday, 4 December 2022
spot_img

SMSI Terus Benahi Internal Organisasi Untuk Jadi Konstituen Dewan Pers…!

Bogor, BEREDUKASI.Com — PASCA ditetapkan sebagai Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Auri Jaya langsung tancap gas membenahi organisasi.

“Program utama SMSI saat ini, adalah pembenahan organisasi internal. Seperti menyelesaikan beberapa persyaratan admimistrasi dan legalitas organisasi, agar bisa menjadi konstituen dari Dewan Pers,” ungkap Auri Jaya, usai memberikan materi pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Investigasi dan Jurnalisme Media Online di Pondok Garuda, Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, Jumat (30/3/18).

Selain melakukan pembenahan di internal organisasi, kata Auri. SMSI juga akan melakukan sejumlah kegiatan edukasi, seperti workshop-workshop dengan menggandeng lembaga atau instansi pemerintah.

Langkah selanjutnya, lanjut Auri, SMSI saat ini, sedang menggodok usulan sejumlah regulasi tentang penerbitan online kepada pihak terkait. Seperti DPR atau Pemerintah. Salasatunya regulasi Hak Cipta Karya Jurnalistik Online. Juga regulasi dibidang legal terkait pengguna dan penyelenggara media sosial.

“Sehingga dipertegas, mana media siber yang memproduksi Karya Jurnalistik dan Media Sosial. Dengan posisi yang jelas, diharapkan bisa membantu pelaku usaha media siber untuk lebih baik kedepannya,” ucapnya.

Disinggung tentang rencana sindikasi pemberitaan, Direktur Bisnis dan IT Jpnn.com ini, mengaku masih fokus terhadap legalitas formalnya.

“Namun, persiapan untuk itu tetap berjalan. Tinggal nanti bagaimana mekanisme game nya, seperti apa kita bicarakan bersama. Karena ini akan menjadi kekuatan utama bagi SMSI ke depannya,” ujarnya.

Apalagi, sambungnya lagi persaingan Media Online saat ini sangat ketat.  Karena itu, dirinya berharap, pemilik media online di daerah agar bisa lebih jeli melihat peluang daerahnya.

“Karena di era “digital” ini, konten daerah akan menjadi menu yang banyak dicari orang. Online Daerah harus lebih kreatif dalam mengeksplore potensi-potensi daerah. Menjadikan konten-konten yang berbeda dengan online-online di Jakarta,” pungkasnya. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU