24.4 C
Indonesia
Tuesday, 29 November 2022
spot_img

“Suluk Samudera” Populerkan Musik Etnik Kolaborasi di Indonesia dan Mancanegara…!

Bandung, BEREDUKASI.COM — INDONESIA memang kaya akan seni dan budayanya, begitupun juga dengan alat musiknya.

Maka apresiasi dan pelestariannya merupakan hal yang sangat penting. Sebab itu tidak salah jika muncul sebuah perkumpulan yang bernama “Suluk Samudera” di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

“Suluk Samudera” mulai mengibarkan bendera di Bandung tahun 2006. Dan dibimbing oleh Dody Satya Eka Gusdiman dengan karya baru yang berjudul “Gentet Sari” dan arransemen dengan judul lagu “Bandung”.

Dida Imada Maulina salasatu personel “Suluk Samudera” mengatakan, bahwa musik yang dimainkan adalah Etnik kolaborasi Bass, Biola, Rebab, Suling, Kendang dan Kecapi. Jumlah personilnya 10 orang perempuan.

“Kami juga berharap bisa membuat sanggar yang tidak hanya bermain musik. Tetapi ada juga Tari dan Teater, baik untuk umum maupun penyadang Disabilitas. Lalu dapat juga memperkenalkan budaya kita ini di dalam maupun di luar negeri,” tandas Dida.

“Suluk Samudera” juga sudah  bermain di beberapa kawasan di Jawa Barat. Diantaranya dibeberapa acara kampus, acara Kartini dan masih banyak lagi.

Bahkan saat ini “Suluk Samudera” tengah mempersiapkan diri, untuk mengikuti festival musik di China.

“Karena prosesnya benar-benar tidak mudah, bagaimana kami dapat menyebarkan nilai bahwa kesenian tradisi itu menyenangkan dan alat musik tradisi dapat berkolaborasi dengan alat musik modern,” terang Dida.

Selain itu Dida juga, ingin membuktikan bahwa perempuan dapat tetap berproses. Mulai dari latihan menciptakan sesuatu, tanpa mengabaikan hal utama sebagai ibu rumah tangga dan segala pekerjaan-pekerjannya.

“Kami bersyukur bahwa kami dapat lolos dan mendapatkan dana hibah “Cipta Media Ekspresi”, untuk pengadaan alat-alat musik. Dan rencananya, kami akan mengadakan konser selama 6 bulan kedepan,” tutup Dida optimis.  (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU