22.4 C
Indonesia
Sunday, 27 November 2022
spot_img

Tentang PLTS 492 kWp Sumba Timur……!

Sumba Timur, BEREDUKASI.Com — TERDAPAT 11 sistem yang dibangun di 5 desa yaitu Tawui, Lailunggi, Praimadita, Tandula Jangga dan Praiwitu.

Pembangunan dilakukan pada bulan September 2017, hingga Maret 2018. Konstruksi dilakukan dari awal sampai dengan PLTS dapat berfungsi. Dan dapat mengalirkan listrik ke rumah-rumah warga setempat. Kemudian pada 11 April 2018, peresmian diselenggarakan di Desa Tawui.

Kepemilikan dan peran serta masyarakat dalam mengelola PLTS ini sangatlah penting. Karena itu selama masa konstruksi, masyarakat melalui BUMDes sudah dilibatkan dalam konstruksi dan instalasi. Serta diberikan pelatihan untuk pengoperasian dan pemeliharaan PLTS ini nantinya. Selain itu, masyarakat juga menjadi pemilik saham mayoritas sebesar 51% dari fasilitas tersebut.

Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat. Sehingga mereka bisa membayar pemakaian listrik dan dana tersebut dapat dikelola, sebagai biaya operasional pemeliharaan PLTS untuk jangka panjang.

Proyek ini merupakan program “The Renewable Energy Grant for Community” yang bertujuan untuk memfasilitasi warga lokal di daerah terpencil/pedalaman yang tidak memiliki akses listrik.

Nantinya fasilitas ini akan dimiliki, dikelola dan dipelihara oleh warga Desa melalui BUMDes. Program bantuan tersebut didanai oleh Millenium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia). Yang merupakan institusi pengelola hibah yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia sesuai dengan Perjanjian Compact Hibah. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU