27.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 September 2022
spot_img

Wartawan Harus Lebih Berhati-hati Dalam Menyajikan Pemberitaan……!

Bandung, BEREDUKASI.Com – KEMBALI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, menyelenggarakan Uji Kompentensi Wartawan (UKW) dan Fokus Group Discussion (FGD).

Kegiatan yang berlangsung mulai dari tgl 24 s/d 25 April 2010 ini, diikuti oleh 40 orang peserta UKW dan anggota PWI. Bahkan termasuk dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung.

Acara dibuka langsung oleh Sekretatis daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, mewakili Walikota Bandung, Oded M Danial, di Hotel Trans Luxury, Jl. Gatot Subroto, Bandung.

Ketua PWI Pokja Kota Bandung, Hardyansyah yang akrab disapa Andi selaku Ketua PWI Kota Bandung mengatakan, “Profesi wartawan mengikuti UKW, suatu keharusan“. Dan Fokus Group Discussion (FGD). Merupakan  pencerahan terhadap peserta UKW.

“Alhamdulillah PWI Kota Bandung, telah mengadakan UKW sebanyak empat kali. Serta sudah banyak menghasilkan wartawan yang berkopenten. Bahkan dalam pelaksanaanya, selain materi jurnalistik, ada juga materi tentang Undang-Undang Ramah Anak dalam pemberitaan. Artinya wartawan harus lebih faham lagi, ketika menyajikan pemberitaan,” papar Andi.

Hilman Hidayat, selaku Plt Ketua PWI Jawa Barat dalam dalam sambutannya mengatakan, “UKW adalah salasatu syarat bagi wartawan yang diatur dalam Peraturan Dewan Pers. Begitupun media-nya harus memiliki standar perusahaan Pers”.

Sementara itu, Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, dalam sambutannya mengatakan, “Pers adalah pilar ke 4 dalam pembangunan. Kegiatan FGD juga yang diselenggarakan PWI, diaharapkan menjadi bekal dan wawasan bagi wartawan yang mengikuti UKW. Sekaligus mengangkat fungsi Pers,  juga Pers sebagai sosio kontrol atau koreksi bagi Pemerintah. Dalam menjalankan kinerjanya”.

“Begitupun bila mendapat temuan atas kinerja Pemerintah, Jurnalis sebelum menyiarkan beritanya. Melakukan chek and richek atau melakukan tabayun. Agar pemberitaan menjadi berimbang. Sebab Pers yang bertugas di Kota Bandung, tidak semata menjadi corong Pemerintah, tetapi Pers juga sebagai mitra kerja Pemeritah,” pungkas Ema Sumarna. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU